Minggu, 29 Mei 2011

Sesuaikan Biaya dan Kebutuhan

Setiap siswa/siswi pastilah memiliki harapan bisa mendapatkan nilai baik dan berprestasi setinggi-tingginya, bukankah begitu teman-teman?? Namun, untuk meraih itu memang tidak mudah, tak jarang kita menemui berbagai ganjalan untuk beberapa pelajaran yang menurut kita sulit. Nah, untuk ini lembaga bimbel (bimbingan belajar) lah yang biasanya kita incar, di bimbel kita dapat menanyakan pelajaran yang belum kita pahami, terutama untuk kita yang merasa segan untuk bertanya langsung pada gurunya karena berbagai alasan. Hal ini membuat banyak bimbel berlomba-lomba untuk menawarkan berbagai fasilitas dan kelebihannya, lantas bagaimana cara kita untuk memilihnya??

Yah, yang pertama kali perlu dipertimbangkan yaitu biaya, karena mereka (lembaga bimbel) memiliki harga tersendiri untuk timbal balik jasa yang mereka berikan. Bahkan ada beberapa yang berani mematok harga setinggi langit meskipun memang sesuai dengan fasilitasnya, tetapi apakah itu efektif untuk kita?? Karena umumnya semakin mahal biayanya, semakin sering intensitas pertemuannya atau bisa juga karena tenaga pengajar yang telah teruji. Dan masing-masing diantara kita memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda, sehingga sebisa mungkin memilih lembaga bimbel dengan biaya miring dan materinya pun bisa kita mengerti dengan mudah. Jadi, jangan pula gampang terpengaruh oleh promosi atau ajakan teman.

Faktor lain yaitu sesuaikan dengan kebutuhan, kebutuhan disini maksudnya jika kita telah merasa mampu untuk beberapa materi pelajaran dan hanya merasa kurang untuk pelajaran tertentu, maka akan lebih efektif jika memilih lembaga bimbel atau les khusus mata pelajaran tersebut, karena tentunya akan lebih intensif dalam pembahasan materinya. Tak jarang, biasanya mendekati UAN dan SNMPTN beberapa bimbel juga menawarkan program khusus, hal ini juga bisa kita jadikan alternatif bagi yang akan mengikuti UAN atau SNMPTN yang umumnya merasa jemu dengan les/lembaga bimbel yang menawarkan program regular. Karena pada program khusus para siswa dapat lebih fokus serta melatih mental dari latihan soal yang berulang-ulang. Yah, semoga ini bisa menjadi salah satu tips untuk teman-teman dalam memilih bimbel, semangat guys!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar