Selasa, 06 September 2011

Artikel curhat "Aktivitas puasa nagapain aja"

Membantu Mengajar TPA

Bulan Ramadhan telah tiba, usaha apa saja yang kita lakukan untuk menyambutnya?? Yah, pertanyaan ini kerap kali muncul dan senantiasa mengingatkan kita untuk berlomba-lomba menjadi pemburu ibadah di bulan suci ini. Bahkan beberapa orang berusaha mengurangi aktifitas mereka yang bersifat duniawi untuk dapat lebih banyak beribadah dan berburu pahala. Dan tentunya bagi kita para pelajar, fenomena ini tidak dapat kita lewatkan begitu saja. Masih banyak kegiatan menarik yang dapat kita ikuti sekaligus beramal dan menambah pengalaman kita , misalnya mengikuti bakti sosial, lebih giat mengikuti pengajian, membantu ngajar TPA, dan masih banyak lagi.

Dalam Bulan Ramadhan ini, kita sebagai umat muslim memang diwajibkan untuk berpuasa, akan tetapi berpuasa bukanlah waktu untuk bermalas-malasan yang hanya bersantai sambil menunggu saat berbuka tiba. Kondisi badan yang lemas dan ngatuk sering menjadi alasan untuk enggan melakukan berbagai kegiatan. Namun, sebenarnya puasa akan terasa lebih ringan jika kita melakukan berbagai aktifitas, karena rasa ngantuk dan lemas akan hilang seiring dengan padatnya jadwal kita. Gak percaya?? Bisa dibuktiin kog... Jika bingung mo ngapain, membantu mengajar TPA merupakan salah satu kegiatan menarik yang dapat kita lakukan selama puasa, kita dapat mengisi waktu luang kita sekaligus menunggu berbuka puasa. Meskipun kita masih pelajar, gak ada salahnya melakukan kegiatan itu, kita dapat mengajar dan sharing dengan adik-adik yang usianya di bawah kita, selain itu kita juga dapat mendidik mereka mengenai beberapa akidah dan norma-norma yang baik dalam beragama sehingga dapat tertanam dalam diri mereka. Hal ini bisa dilakukan melalui dongeng kisah-kisah para nabi maupun contoh tindakan secara langsung, di sini kita juga dituntut untuk memperdalam ilmu kita, sehingga kita bisa sekaligus belajar dengan mencari referensi yang sahih tentunya.

Dengan mengajar TPA, kita tidak perlu khawatir dengan tersitanya waktu belajar kita, karena di Bulan Ramadhan ini biasanya kita mendapat keringanan dari pihak sekolah untuk pulang lebih awal, belajar juga dapat kita kerjakan sehabis tarawih atau tadarus. Mengajar TPA juga dapat membantu menguji kesabaran dalam menghadapi anak-anak di bawah usia kita. Jika ada beberapa hal yang sekiranya tidak bisa kita handle, dapat kita tanyakan pada pengajar tetapnya, karena kita tidak bekerja sendiri. Tentunya kita mengajar secara sukarela, dan yang penting adalah luruskan niat yang hanya didasari mengharap ridho Allah semata, demi membangun generasi penerus yang bermoral dan berakhlak mulia. Mari berburu pahala di Bulan Ramadhan, Guys!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar